Membuat SplashScreen,Register dan Login di Android Studio

Assalamualaikum wr.wb, terima kasih sudah berkunjung di blog saya Lamin H. Datau, oke disini saya akan menjelaskan apa itu splash screen, register dan login. Mungkin teman-teman sudah tau apa itu splash screen,register dan login akan tetapi disini saya akan menjelaskan kembali:)

Splash screen merupakan tampilan yang muncul saat pertama kali kita membuka sebuah aplikasi. Splash screen biasanya menampilkan logo, nama, dan lainnya yang berhubungan dengan aplikasi. Beberapa aplikasi yang menggunakan splash screen antara lain facebook, youtube, gojek dan lain sebagainya.

Tampilan Splash Screen

Setelah membuat Splash Screen kita masuk ke tampilan register, disini saya menjelaskan sedikit apaa itu register. Registrasi adalah sebuah pelayanan pendaftaran setiap program yang berfungsi untuk menghubungkan data pribadi anda dengan program yang anda ikuti tersebut.

Tampilan register

Oke,setelah mendaftar kita masuk ke tampilan login.

Login adalah suatu Proses untuk masuk ke dalam sebuah layanan online yang berisi nama dan password. Saat ini halaman login bisa dilakukan pada halaman website maupun aplikasi. Secara teknis pun saat ini dalam melakukan login bisa dilakukan secara variatif mulai dari menggunakan email dan no hp, atau bisa juga menggunakan social media yang terintegrasi pada sistem tersebut.

Login di­sebut juga “logon” atau “sign in” adalah istilah dalam hal keamanan komputer, yakni berupa proses pintu masuk bagi pengguna untuk mengakses sistem komputer. Login dimaksudkan untuk mengatur proses identifikasi. Proses Login minimal terdiri dari username/akun pengguna dan password untuk mendapatkan hak akses.

Antara username dan password keduanya saat digunakan untuk login harus tepat jangan sampai salah ketik, karena keduanya saling terkait dan tidak bisa dipisahkan.

Dapat pula dikatakan pengertian dari login adalah sistem keamanan komputer yang berupa proses pintu masuk bagi pengguna untuk dapat mengakses sistem komputer. Login dimaksudkan untuk mengatur proses identifikasi. Proses login membutuhkan hal yang spesifik tertentu, yaitu username dan password. Selain itu semakin majunya teknologi, maka proses login dapat diperketat dengan enkripsi secara hardware, misalnya dengan penggunaan sidik jari, retina mata, dan deteksi wajah.

Tampilan login

Setelah semuanya sudah dibuat,sekarang kita masuk pada bagian javanya untuk menginten, nah sebelumnya saya akan menjelaskan apasih itu intent. Intent adalah sebuah jembatan yang menghubungkan interaksi antar Activity di aplikasi Android. Intent juga dapat membawa dan mengirimkan data ke Activity lain, bahkan ke aplikasi lain (Gmail, Google Map dsb). Intinya, Intent merupakan mekanisme untuk melakukan sebuah action dan komunikasi antar komponen aplikasi.

Intent terbagi menjadi 2 bagian yaitu Intent Implicit dan Intent Explicit.

  • Intent Implicit: Berfungsi melakukan perpindahan activity (halaman) menuju ke aplikasi internal smartphone kamu. Contohnya ketika kamu hendak membuka sebuah kamera.
  • Intent Explicit: Berfungsi melakukan perpindahan activity (halaman) ke activity (halaman) lainnya. Explicit intent bekerja dengan menggunakan nama kelas yang dituju, misal com.dicoding.activity.DetailActivity. Umumnya intent ini digunakan untuk mengaktifkan komponen pada satu aplikasi.

Oke itulah sedikit penjelasan dari saya mengenai splash screen,register dan login:) semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman.

Tinggalkan komentar